Friday 27 March 2015

Apa itu Pinterest.com dan Bagaimana Cara buat Accountnya



Pinterest.com di Indonesia terutama di dunia bloger, youtube dan toko online sudah banyak mendengar nama situs ini bukan. Di pinterest.com anda dapat mempublish postingan anda dari situs lainnya terutama untuk promosi dan meningatkan trafik pengunjung situs website/ weblog anda. Kebetulan saya lagi jalani program untuk meningkatkan traffic blog ini. Situs ini juga dapat menjadi media promosi karya kreatif anda seperti disain grafis, equitment (peralatan sehari – hari anda), dsb itulah yang saya perhatikan di account pinterest saya.
Pinterest menurut Wikipedia adalah virtual pinbord yang mana anda dapat mengupload photo, gambar yang bisa di masukkan kedalam kategori yang anda klasifikasikan nama album atau foldernya.
Semisal “food and drink” dimana berisi foto dan gambar makanan dan minuman yang anda sukai. Anda juga bisa mengikuti akun lain dan re-pin pin milik akun lain (seperti retweet pada Twitter) tanpa harus mengikuti pemilik pinboard.
Di bloger pinterest sangat besar peranannya, memudahkan foto atau gambar anda tersebar di media social.
Sejarah pinterest lahir lahir pada maret 2010 silam. Media social tadinya bersifat beta yang jika seseorang ingin mendaftar maka harus mendapatkan “undangan” dari pengguna yang sudah terdaftar atau langsung dari pinterest.com.
Ben silberman pendiri situs pinterest tidak menyangka situs yang dia buat akan booming sekali. Hingga saat penggunanya mencapai 10.000 orang, ben masih tetap sendiri mengelola sosia media tersebut. Baru di tahun 2011 ben membuka diri dengan banyak pihak.
Pada tahun ini juga, Majalah Time menyebut pinterest sebagai salah satu dari “50 website terbaik tahun 2011”. Hingga akhir 2011, situs ini menjadi salah satu top 10 terbesar layanan jejaringan social menurut Hitwise data, dengan 11 juta total kunjungan per minggunya.
Bulan berikutnya, pinterest memiliki lintas arahan pengguna yang sangat besar dari situs- situs terkenal lainnya seperti LinkedIn, Youtube dan Google+, karena perkembangannnya, pinterest akhirnya menarik juga minat para pengusaha sukses untuk berinvestasi hingga sekarang.
Dengan pertubuhannya yang cepat, kini pinterest telah memiliki 30 miliar pengguna di seluruh dunia.
Demikianlah deskripsi apa itu pinterest.com dan perkembangannya. Baiklah sekarang kita akan membahas bagaimana mendaftar di pinterest.
Untuk mendaftar pinteres, ikuti langkah – langkah berikut ini
  • Buka pinterest.com,Pada halaman depan anda akan diminta login/sign up. Bisa menggunakan akun facebook atau menggunakan email. Kita pilih menggunakan email saja. Masuk email dan password lalu klik Sign Up.
  •   Langkah selanjutnya, masukkan nama Anda, umur serta jenis kelamin. Setelah itu klik Come On In.          
  • Tahap selanjutnya, Anda harus memilih minimal lima tema atau lebih yang sesuai dengan selera Anda. Jika sudah klik Follow
  • Tahap selanjutnya, Anda diminta mencari teman. Jika mau menautkan akun Facebook atau Twitter lebih baik. Namun jika belum berniat mencari teman, klik Skip saja. 

·         Sekarang Akun Pinterest Anda telah jadi. Silahkan melakukan aktivasi. Bisa Anda lihat dibagian atas akun Anda, ada tulisan berwarna kuning, itu adalah pemberitahuan aktivasi. Pinterest memang tidak secepat Facebook atau Twitter, Anda harus menunggu minimal 24 jam agar menerima email aktivasi. Silahkan menunggu. untuk lebih jelasnya lihat vidio di bawah :



Konsep Pinterest adalah pengguna meng-upload, menyimpan, menyortir dan mengatur foto, yang dikenal dengan sebutan Pin dan berbagai konten media lainnya (seperti video). Semua pin itu dikoleksi dalam sebuah wadah yang disebut Pinboards.
Pinboards inilah yang umumnya bertema dan memilik kategori sendiri, sehingga pin dengan mudah dapat diatur, dikategorisasikan dan ditemukan oleh pengguna lain.

Pinterest bertindak sebagai platform media pribadi, dimana konten pengguna sendiri dan juga Pin orang lain dapat di-upload serta diakses pada halaman utama.

Pengguna kemudian dapat menyimpan pin favorit mereka ke salah satu papan mereka sendiri dengan menggunakan "Pin This" tombol. Konten juga dapat ditemukan di luar Pinterest dan juga upload ke papan/board melalui tombol "Pin It" yang dapat didownload ke bookmark bar di browser web.


Berikut kelebihan Pinterest.
  • Untuk penggemar fotografi maka di Pinteres sangat cocok dengan hobi tersebut dan semakin tersalurkan, karena disana terdapat banyak foto dan video yang dibagikan oleh pengguna Pinterest.
  • Untuk Blogger juga bisa memanfaatkan untuk mempromosikan blognya dengan cara share link blog (Pin URL Blog) serta dapat juga membuat Channel/Category Pin (yang disebut Board), dengan begitu akan lebih mudah membedakan ini Pin tentang Pendidikan, Teknologi, Pribadi dan lain-lain.
  • Dapat saling bertukar informasi
  • Dapat terhubung ke seluruh orang yang ada di dunia sehingga kita bisa mendapatkan berbagai macam teman baru
  • Sudah pula terintegrasi dengan Facebook dan Twitter
Ada kelebihan pasti ada juga kekurangannya, selain lamanya masa verifikasi, berikut ada beberapa hal yang tak enak di Pinterest.

  • Masih banyak fitur yang membingungkan untuk pengguna baru
  • Spam merajalela
  • Belum mendukung Bahasa Indonesia.
terlepas dari apapun itu. Saya rasa, Pinterest adalah salah satu sosial media yang juga patut diperhitungkan. Apalagi untuk blogger yang sedang menjalankan bisnis online. Menggunakan Pinterest akan jauh lebih ampuh, karena terhubung langsung keseluruh dunia.

0 komentar:

Post a Comment